Ahok Minta Segera Ditindak Kalau Ada Pendukungnya Bagi-bagi Sembako

Ahok Minta Segera Ditindak Kalau Ada Pendukungnya Bagi-bagi Sembako

Ahok Minta Segera Ditindak Kalau Ada Pendukungnya Bagi-bagi Sembako, Calon gubernur nomor pemilihan dua DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok meminta penyelenggara pemilu untuk dapat menindak pendukung atau simpatisannya jika terbukti membagi-bagikan sembako.

Sebab, dirinya sudah melarang adanya kegiatan bagi-bagi bahan pokok atau hadiah lainnya.

Ahok mengaku tak mengetahui simpatisannya yang membagikan sembako kepada warga. Mantan Bupati Belitung Timur itu menjelaskan bahwa dirinya paling menghindari kegiatan pembagian sembako selama karier politiknya.

“Saya enggak tahu pendukung yang mana (yang membagikan sembako), dia mesti ditegur, ambil tindakan saja. Yang pasti kami enggak pernah bagi-bagi sembako,” kata Ahok, di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2017).

Selain bagi-bagi sembako, Ahok juga tak menyenangi kegiatan bakti sosial kesehatan demi menarik simpati warga.

“Makanya saya selalu katakan, kami setiap hari baksos di rumah sakit dengan menyediakan fasilitas kesehatan 24 jam. Saya lebih suka jaminan Kartu Jakarta Pintar atau operasi pasar yang dilakukan Pasar Jaya dan Food Station Tjipinang,” kata Ahok.

“Tim pemenangan juga enggak pernah (bagi-bagi sembako). Saya paling enggak suka bagi bagi sembako, saya sudah bilang saya paling sebal bagi-bagi sembako,” kata Ahok.

Selain itu, Ahok menegaskan telah menginstruksikan tim pemenangan untuk tidak menyelenggarakan bagi-bagi sembako.

Panitia Pengawas Pemilu ( Panwaslu) Jakarta Utara sebelumnya menemukan sebuah rumah tempat penyimpanan paket sembako di Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Paket sembako tersebut diduga akan dibagikan oleh relawan Ahok- Djarot. Sebanyak 355 paket sembako yang ditemukan. Paket tersebut berisi 1 kilogram beras, 1 kilogram minyak goreng, 2 bungkus mie instan, dan 1 bungkus sarden.

Selain paket tersebut, tidak ditemukan brosur kampanye maupun ajakan memilih. Selain di Jakarta Utara, sembako yang diduga dari relawan Ahok- Djarot juga ditemukan di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Di Jakarta Timur, Panwaslu menemukan 6 karung paket sembako di Susukan serta 169 karung sembako atau sekitar 845 paket yang berisi beras, minyak goreng, dan gula pasir di Cakung Timur pada Minggu (16/4/2017) malam.

Sembako tersebut juga diduga hendak dibagikan oleh simpatisan Ahok- Djarot. Panwaslu bersama tim sentra penegakan hukum terpadu, yakni polisi dan jaksa, akan mengkaji apakah pembagian sembako tersebut termasuk ke dalam tindak pelanggaran pidana pemilu karena berkaitan dengan politik uang.

Sementara Panwaslu Jakarta Barat juga mengamankan sembilan mobil box besar dan sebelas karung berisi paket sembako di tiga wilayah di Jakarta Barat.

 

Sumber Berita Ahok Minta Segera Ditindak Kalau Ada Pendukungnya Bagi-bagi Sembako : Kompas.com

Comments

comments