Aksi Bela Palestina Warga Sumbar, Garut dan Depok Turun ke Jalan

Aksi Bela Palestina Warga Sumbar, Garut dan Depok Turun ke Jalan

Aksi Bela Palestina Warga Sumbar, Garut dan Depok Turun ke Jalan

Ketegangan di Masjid Al-Aqsa meski terjadi sudah sejak lama dan terus terulang, namun setiap konflik itu meletus, memicu kekhawatiran sekaligus kemarahan umat Islam di belahan dunia lain.

Indonesia salah satunya, yang bahkan sejak era Soekarno punya ikatan emosional dengan Palestina. Saat konflik pecah beberapa pekan terakhir akibat penutupan Masjid Al-Aqsa, aksi protes bergulir.

Siang tadi, ribuan warga Sumatera Barat (Sumbar) yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sumbar Peduli Al-Aqsho Palestina, turun ke jalan menggelar aksi solidaritas berjalan kaki dan penggalangan dana untuk kemanusiaan di Kota Padang, Jumat (28/7).

Aksi Bela Al-Aqsa

Aksi Bela Al-Aqsa. (Foto: Antara/Iggoy el Fitra)

Dikutip dari Antara, warga beramai-ramai membawa bendera Palestina berbagai ukuran dan spanduk bertuliskan”Bebaskan Al-Aqsha”. Mereka berjalan kaki dari Masjid Agung Nurul Iman menuju Kantor Gubernur Sumbar di Jalan Jenderal Sudirman Padang.

Ketua Komite Nasional untuk Rakyat Palestina Perwakilan Sumbar, Mulyadi, dalam orasinya mengatakan Israel telah melakukan tindakan pembatasan kepada umat Islam dalam menjalankan ibadah.

“Hal ini merupakan tindakan melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). Kami umat Islam mengutuk keras tindakan tentara Israel,” kata Mulyadi.

Aksi Bela Al-Aqsa

Aksi Bela Al-Aqsa (Foto: Antara/Mohammad Ayudha)

Lewat aksi ini, massa ingin menunjukan kepada Israel bahwa umat Islam di seluruh dunia khususnya Sumatera Barat, tidak akan diam terhadap tindakan represif tentara Israel kepada umatIslam di Palestina.

Aksi tersebut diakhiri dengan pengumpulan dana dan pembacaan doa untuk umat Islam Palestina. “Dana yang berhasil dikumpulkan saat aksi mencapai Rp 200 juta,” tambahnya.

Aksi di Garut

Aksi solidaritas membela muslim Palestina juga berlangsung di Garut, Jawa Barat. Ratusan warga khususnya santri, turun ke jalan seusai salat Jumat, untuk long march melalui Jalan Cimanuk menuju titik kumpul di Masjid Agung Garut.

Aksi bela Palestina di Garut

Aksi bela Palestina di Garut (Foto: Dok. Andi Haryadi)

Mereka membawa bendera Palestina, bendera Indonesia, poster-poster dukungan untuk Palestina dan kecaman untuk Israel, juga bendera organisasi yang salah satunya adalah dari Persatuan Islam (Persis).

Aksi bela Palestina di Garut

Aksi bela Palestina di Garut (Foto: Dok. Andi Haryadi)

Aksi di Depok

Tak hanya Sumbar dan Garut, ratusan warga Depok yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Peduli Islam Depok (APPI Depok) juga menggelar aksi solidaritas untuk mengajak masyarakat meningkatkan kepedulian terhada Palestina.

“Kami di sini menggalang dukungan aksi bela Al-Aqsa, bertujuan mengingatkan masyarakat bahwa Al-Aqsa ini milik kaum muslim bersama,” kata salah seorang pengunjuk rass, Ilham.

Image result for Aksi bela Palestina di Depok

Aksi bela Palestina di Depok

Aksi damai itu dimulai dari Jalan Juanda, Jalan Margonda, lalu mengitari Balaikota Depok dan bertujuan akhir di Jembatan Margonda. Aksi pembelaan Al-Aqsa dilakukan oleh semua kalangan terutama kalangan pelajar dan mahasiswa.

Peserta aksi lain bernama Bisman, berharap pemerintah dan petinggi-petinggi di Indonesia melihat aksi seperti ini dengan memberikan bantuan kepada Palestina terutama untuk menghentikan ketegangan di Masjid Al-Aqsa.

“Tujuannya mengetuk orang-orang Islam di Indonesia bahwa kita masih benar-benar mencintai semua kalangan muslim,” ucap Bisman.

 

Sumber Berita Aksi Bela Palestina Warga Sumbar, Garut dan Depok Turun ke Jalan : Kumparan.com

Comments

comments