Cabut Moratorium Reklamasi, Fahri Hamzah Sindir Keras Menteri Luhut

Cabut Moratorium Reklamasi, Fahri Hamzah Sindir Keras Menteri Luhut

Cabut Moratorium Reklamasi, Fahri Hamzah Sindir Keras Menteri Luhut

Moratorium proyek reklamasi teluk Jakarta dicabut pemerintah pada 5 Oktober lalu, melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan. Pencabutan moratorium tersebut menuai kontroversi.

Selain karena reklamasi sedang dihentikan sementara karena diwarnai beragam masalah, sejumlah pihak juga menyesalkan pemerintah tak melibatkan Gubernur DKI yang baru dalam keputusan pencabutan moratorium itu.

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, melalui akun instagramnya menulis kalimat panjang bernada sindiran yang cenderung ditujukan kepada Menter Luhut soal polemik tersebut, yang diunggahnya pada Jumat (13/10) pagi ini.

“Tiba-tiba stafnya Pak Jokowi (Menteri Luhut) mencabut moratorium reklamasi. Tunggu saja dulu Gubernur baru Jakarta pekan depan, paham? Kalau gubernur sudah dilantik, ajak saja ngomong baik-baik, pasti ada jalan keluar,” tulis Fahri.

Fahri Hamzah tinjau pulau Reklamasi

Fahri mengaku dirinya curiga, mengapa keputusan pencabutan moratorium reklamasi terkesan dilakukan mendadak, dan terburu-buru.

“Ini orang sudah mau dilantik pekan depan, ngapain buru-buru bikin putusan? Kan mencurigakan. Ibarat orang sudah kelihatan mau pesta perkawinan, kembang mayang sudah berkibar eh anak orang dibawa lari,” kata Fahri.

“Nanti dikeroyok orang sekampung baru tahu rasa, sabar saja kenapa? itu semua anak buah Pak Jokowi, kan bagus gue ingetin. Gitu-gitu @aniesbaswedan dan @sandiuno terpilih oleh rakyat Jakarta. Dia ada janji kepada masyarakat,” imbuhnya.

Politikus asal NTB itu menegaskan dirinya sangat menyesalkan moratorium itu dicabut karena menurutnya, hal tersebut akan berdampak tak baik bagi kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI yang baru, Anies-Sandi.

Pasalnya, selama menjalani masa kampanye, Anies-Sandi kerap berjanji pada warga DKI untuk tegas menolak reklamasi.

“Menteri kagak dipilih rakyat.. kagak ada janji. Makanya enak saja main reklamasi segala. Beda bro, santai saja dong, puji aja dulu ‘semoga Pemda DKI bisa bekerjasama membangun dan melayani rakyat Jakarta’ kan enak tuh,” ucapnya.

“Habis itu baru ngobrol pelan-pelan ‘Om Anies gimana waktu itu janji sama rakyat Jakarta? Kita ada keadaan begini’ terusin deh. Hargailah pejabat terpilih, meski lebih kecil konstituensinya, sebab ia pernah berjanji. Itulah demokrasi!” tutup Fahri.

PAK JOKOWI, GUBERNUR JAKARTA & REKLAMASI Begini. Tiba-tiba stafnya pak Jokowi (Menteri Luhut), mencabut moratorium reklamasi. Lah tunggu aja dulu gubernur baru Jakarta pekan depan, paham? Kan maksud saya baik. Kalau gubernur sudah dilantik ajak aja ngomong baik-baik… pasti ada jalan keluar. Lah ini orang sudah mau dilantik pekan depan ngapain buru-buru bikin putusan? Kan mencurigakan… Ibarat orang sudah kelihatan mau pesta perkawinan, kembang mayang sudah berkibar eh anak orang dibawa lari… Ntar dikeroyok orang sekampung baru tau rasa… sabar aja napa… itu semua anak buah pak Jokowi .. Pan bagus gw ingetin.. Gitu-gitu @aniesbaswedan dan @sandiuno terpilih oleh rakyat Jakarta. Dia ada janji kepada masyarakat. Menteri kagak dipilih rakyat.. kagak ada janji. Makanya enak aja main reklamasi segala… beda bro… Santai aja dong, puji aja dulu, “Semoga Pemda DKI bisa bekerjasama membangun dan melayani rakyat Jakarta”. Kan enak tuh.. Abis itu baru ngobrol pelan-pelan. “Om Anies gimana waktu itu janji sama rakyat Jakarta? Kita ada keadaan begini….” terusin dah.. Hargailah pejabat terpilih, meski lebih kecil konstituensinya sebab ia pernah berjanji. Itulah demokrasi! Paham ya? Kalau belum paham berarti anda masih kesel…. 😃😃😃 Twitter @Fahrihamzah 22:26-39 11/10/2017 #fh #faham #fahrihamzah #indonesia #fahamindonesia #reklamasi #jakarta

A post shared by Fahri Hamzah (@fahrihamzah) on

Untuk diketahui, dengan dicabutnya moratorium reklamasi, maka rencana pengembang untuk melanjutkan pembangunan niscaya akan berjalan mulus.

Namun, Pemprov dan DPRD DKI tengah menindaklanjuti pencabutan moratorium itu dengan melanjutkan pembahasan Raperda tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, dan Raperda tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta (RTR KS Pantura Jakarta).

 

 

Baca juga : Didukung Warga Pemilihnya, Beranikah Anies-Sandi Lawan Pusat Tolak Reklamasi?

 

 

Sumber berita Cabut Moratorium Reklamasi, Fahri Hamzah Sindir Keras Menteri Luhut : kumparan

Comments

comments