Dadan, Petugas PPSU yang Membanggakan dan Berani

Beberapa waktu lalu, video tentang seorang Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) DKI Jakarta yang menyelam ke dalam got atau selokan tanpa alat pengamanan tengah viral di media sosial.

Ia menjadi perbincangan para netizen. Banyak yang kagum, tetapi tak sedikit yang menyayangkan hal itu karena tak menggunakan alat pengamanan. Lalu sebenarnya, siapakah pria yang menjadi buah bibir tersebut?

Pria yang dikenal sebagai anggota “pasukan oranye” ini adalah Dadan Wiradana, petugas PPSU Kelurahan Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Saat PPSU digagas pada Agustus 2015, sejak itulah Dadan mendaftar sebagai salah satu petugas. Kini, Dadan ditugaskan untuk membersihkan RW V Godangdia dengan shift pukul 07.00-15.00 WIB.

Saat ditanya mengenai dirinya yang viral di media sosial, Dadan bahkan baru mengetahui pada Rabu (22/2/2017) malam dari temannya.

“Baru tahu tadi malam. Itu juga karena dikasih tahu teman. ‘Dan, loe lagi rame nih di media sosial, coba aja loe lihat’,” ujar Dadan menirukan temannya.

Dadan mengaku kaget, tidak percaya, tetapi justru bangga.

“Selain itu, saya juga ingin menunjukkan kepada warga Jakarta agar kalau buang sampah jangan sembarangan. Itulah akibatnya, jadi banjirlah, saluran mampatlah, dan banyak genangan,” tambah Dadan.

Dadan pun mengatakan, penyelaman ke dalam got tanpa pengamanan dilakukannya karena dalam kondisi darurat. Saat itu, saluran tengah mampat sehingga ia harus cepat menindaklanjutinya.

Ia pun mengimbau agar warga Jakarta tidak membuang sampah sembarangan dan harus bisa mencintai lingkungan.

Penulis menilai sikap dan perbuatan Dadan ini sangat membanggakan dan berani. dibandingkan banyak orang berkoar-koar jihad. Tapi Dadan membuktikan nya dengan berjihad untuk pekerjaan nya dan untuk warga DKI khusus nya. Semoga pelayanan Dadan yang tulus ini dapat ditiru oleh kita semua.

Comments

comments