Hanura: Prabowo Hanya Bisa Berkoar-koar Ke Publik soal Bantuan Rohingya

Hanura: Prabowo Hanya Bisa Berkoar-koar Ke Publik soal Bantuan Rohingya

Hanura: Prabowo Hanya Bisa Berkoar-koar Ke Publik soal Bantuan Rohingya

Sekretaris Fraksi Hanura, Dadang Rusdiana, menyayangkan sikap Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menilai pemerintah hanya melakukan pencitraan ketika membantu etnis Rohingya. Setidaknya, kata Dadang, pemerintah telah melakukan tindakan nyata daripada hanya sibuk berkoar-koar di ruang publik.

“Kita patut menghargai apa yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi, bahkan Pak Presiden lebih mementingkan tindakan nyata daripada berkoar-koar menyampaikan keprihatinan,” ujarnya kepada kumparan, Sabtu (16/9).

Image result for Dadang Rusdiana

Sekretaris Fraksi Hanura, Dadang Rusdiana

Sebaliknya, Dadang malah mempertanyakan tuduhan tersebut. Padahal menurutnya, sudah sejak lama pemerintah memberikan bantuan kepada etnis Rohingya di Myanmar.

“Pencitraan dari sisi mana? Pemerintah Indonesia membantu Rohingya sudah sejak lama dari mulai bantuan kesehatan, pendidikan, makanan maupun diplomasi,” kata dia.

Terlebih, sejak tragedi kemanusiaan Rohingya bergulir, Indonesia langsung merespons cepat dengan mengirim Menteri Luar Negeri Retno L. Marsudi ke Myanmar. Keputusan itu guna mengupayakan penyelesaian –atau meredakan– konflik di Rakhine, Myanmar.

Image result for Menteri Luar Negeri Retno LP. Marsudi

Menteri Luar Negeri Retno L. Marsudi ke Myanmar

Dadang menuturkan, tindakan pemerintah sudah sesuai dengan bentuk penjabaran dari amanat pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Hal itu lantaran Indonesia ikut serta melaksanakan ketertiban dunia.

“Diutusnya Menlu dengan menemui pimpinan Myanmar, dan tentunya dengan memberikan beberapa usulan penyelesaian patut kita hargai. Presiden Jokowi begitu responsif untuk ikut menyelesaikan masalah Rohingya ini. Jadi tidak elok menuding yang bukan-bukan,” tuturnya.

Sebelumnya, Prabowo menyebut bantuan kemanusiaan yang dikirimkan pemerintah Indonesia untuk etnis Rohingya hanyalah pencitraan belaka. Hal tersebut ia katakan saat berorasi di Aksi Bela Rohingya 169 di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat tepat di samping Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Sabtu (16/9).

“Jadi saudara-saudara percaya sama saya kalau kita kuat. Kaum Rohingya kita bantu, kita bereskan. Kalau sekarang kita kirim bantuan, menurut saya, pencitraan. Bantuannya pun kadang tak sampai,” ujar Prabowo yang disambut tepuk tangan para peserta aksi.

(Baca juga : KRITIKAN BANTUAN ROHINGYA PDIP SEBUT JUSTRU PRABOWO YANG PENCITRAAN)

 

Sumber Berita Hanura: Prabowo Hanya Bisa Berkoar-koar Ke Publik soal Bantuan Rohingya : Kumparan.com

Comments

comments