Hasto Menilai Ada Upaya Hilangkan Bukti atau Johannes Marliem Bunuh Diri?

Hasto Menilai Ada Upaya Hilangkan Bukti atau Johannes Marliem Bunuh Diri?

Hasto Menilai Ada Upaya Hilangkan Bukti atau Johannes Marliem Bunuh Diri?

Kematian saksi kunci kasus korupsi e-KTP, Johannes Marlien di Amerika Serikat, disesalkan berbagai pihak. Tak terkecuali dari pihak partai politik di parlemen, salah satunya PDIP.

“Yah tentu saja sangat disesalkan yah. Namanya juga ketika ada saksi kunci seharusnya kita melakukan di bawah perlindungan, apalagi ini di bawah otoritas dari negara lain,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (13/8).

Image result for Hasto Kristiyanto

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Hasto mengharapkan KPK dan kepolisian bisa bekerja sama dengan penegak hukum di Amerika untuk mencari tahu soal kebenaran peristiwa tewasnya Johannes Marlime. Apakah ada kemungkinan upaya lain untuk menghilangkan barang bukti.

“Kita harapkan kepolisian dan KPK untuk dapat bekerja sama dengan pihak penegak hukum di Amerika Serikat, untuk mengetahui kebenaran bahwa yang bersangkutan apakah betul-betul ada upaya lain pihak lain untuk menghilangkan barang bukti, atau itu sebagai persoalan pribadi atau keluarga,” ujarnya.

Apakah betul-betul ada upaya lain pihak lain untuk menghilangkan barang bukti, atau itu sebagai persoalan pribadi atau keluarga?- Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Image result for Johannes Marliem

Johannes Marliem

Untuk memastikan kemungkinan tersebut, Hasto menegaskan bahwa penegakan hukum di Indonesia pun tak harus kalah dengan praduga itu.

“Nah, ketika itu terjadi sebagai upaya menghalang-halangi upaya penegakan hukum, itulah negara yang tidak harus kalah,” tegasnya.

Johannes Marliem memiliki bukti rekaman pembicaraan dengan para perancang proyek e-KTP. Termasuk rekaman pertemuannya dengan Setya Novanto. Rekaman itu dibuat di setiap pertemuan, selama empat tahun lamanya.

Penyidik KPK telah meminta keterangan Johannes Marliem. Pemeriksaan pertama dilakukan di Singapura pada Februari 2017 dan yang berikutnya di Amerika Serikat pada bulan Juli ini.

Pemeriksaan di Amerika bahkan dihadiri dua pejabat selevel direktur. Johannes Marliem adalah Direktur Biomorf Lone LLC, Amerika Serikat, perusahaan penyedia layanan teknologi biometrik.

(Baca juga : TESTIMONI SAKSI KUNCI JOHANNES MARLIEM SEBELUM TEWAS)

 

Sumber Berita Hasto Menilai Ada Upaya Hilangkan Bukti atau Johannes Marliem Bunuh Diri? : Kumparan.com

Comments

comments