Ingin Terapkan LPJ Sistem Elektronik, Sandi Sebut Sebagian RT/TW Gaptek

Ingin Terapkan LPJ Sistem Elektronik, Sandi Sebut Sebagian RT/TW Gaptek

Ingin Terapkan LPJ Sistem Elektronik, Sandi Sebut Sebagian RT/TW Gaptek

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, sebagian Ketua RT/RW di ibukota, masih gagap teknologi (gaptek), sehingga tidak mudah membuat laporan pertanggungjawaban (LPJ) melalui sistem elektronik.

Komentar Sandi itu disampaikan menanggapi usulan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono agar pola LPJ penggunaan dana operasional RT/RWdisederhanakan dan diunggah melalui sistem elektronik.

“Sebagian dari mereka belum melek teknologi, masih gaptek (gagap teknologi) jadi sebagian ada yang sudah bisa banget, sebagian ada yang belum,” kata Sandi di Balai Kota Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Untuk itu, politisi Gerindra ini menyebut, pihaknya akan mengkaji ulang LPJ dana operasional RT/RWmelalui sistem elektronik, sehingga dapat mengakomodasi seluruh persoalan yang ada, terutama soal RT/RW yang tidak melek teknologi.

“Ini beragam masalahnya, tidak bisa digeneralisir, tidak bisa pukul rata semuanya,” ungkap Sandi.

Related image

Soni Sumarsono

Sebelumnya diberitakan, wacana Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno untuk menghapus LPJ dana operasional Ketua RT/RW, ditentang oleh Soni Sumarsono.

“Ya nggak bisa dong (LPJ RT/RW dihapus). Bagaimana bisa mempertanggung jawabkan uang operasional? wong gaji aja ada kwitansi apalagi uang negara, yang jelas pengeluaranya,” tegas Sumarsono di Balai Kota Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Untuk itu Sumarsono menyarankan, Anies-Sandi buat kebijakan yang mempermudah RT/RW membuat LPJ, dan bukan dihapus.

“Yang jelas pengertian LPJ itu bukan dihapus, tapi disederhanakan dalam bentuk lain. Uang dikeluarkan minimal ada kwitansi. Masa mau dikasihkan dari langit,” papar mantan Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta itu.

“Ya laporan uang ini untuk apa saja. Kegiatannya dicantumkan, lampiran foto. Nanti ada tugas lurah mengawasi. Setiap jenjang pemerintahan ada pengawasnya. LPJ tetap harus. Boleh disederhanakan.
Karena makin lama jangan bikin ruwet. Makin sederhana makin baik. Kalau perlu LPJ di-upload (unggah) cukup,” tandas Sumarsono.

 

(Baca juga: ANIES BEBASKAN RT/RW TAK BUAT LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN DANA OPERASIONAL)

(Baca juga: ANIES TERKAIT PENGHAPUSAN LPJ DANA OPERASIONAL RT DAN RW MASIH KAJI)

 

Sumber Berita Ingin Terapkan LPJ Sistem Elektronik, Sandi Sebut Sebagian RT/TW Gaptek : Netralnews.com

Comments

comments