Inilah Video Perjalanan Antar Tas Jokowi untuk Siswa SD Bengkayang

Inilah Video Perjalanan Antar Tas Jokowi untuk Siswa SD Bengkayang

Inilah Video Perjalanan Antar Tas Jokowi untuk Siswa SD Bengkayang

“Terima kasih, Pak Jokowi!”

Teriakan sejumlah siswa SD di SDN 04 Sungkung, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, menggema di ruang kelas atas panduan Anggit Purwoto, salah satu guru di sekolah itu.

Di SDN 04 Sungkung, paket berisi seragam dan tas serta perlengkapan sekolah dari Presiden RI Joko Widodo tiba pada Senin (10/4/2017) pagi. Binar bahagia menghiasi wajah anak-anak di sekolah itu.

Setelah menerima bingkisan dari Jokowi yang diserahkan secara simbolis oleh Kepala SD Negeri 04 Sungkung Bating Susanto, para siswa tersebut sibuk membongkar tas yang berisi perlengkapan sekolah.

Jokowi mengirimkan paket seragam, tas dan perlengkapan sekolah untuk para siswa di sejumlah SD di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, setelah video empat anak SD di salah satu desa di kabupaten itu diunggah di media sosial oleh sang guru, Anggit Purwoto.

Anggit mengatakan, dia hanya tak tahan melihat para siswanya selama ini belajar hanya dengan satu buah buku tulis, tidak memiliki pensil atau hanya mengenakan seragam lusuh.

Pria yang telah berada di Sungkung sejak September 2016 melalui program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SMT3) itu lalu memutuskan untuk mengunggah video di akun Facebook miliknya.

“Jadi, sebenarnya hanya keinginan mereka untuk memiliki tas, seragam yang layak sama seperti anak di kota sana. Setidaknya saya ingin mereka merasakan yang namanya arti dari sila ke-5, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia,” tuturnya seperti ditayangkan KompasTV.

Di balik kegembiraan para siswa ini, ada keringat para relawan dan anggota TNI yang mengantarkan bingkisan tersebut. Mereka menempuh Pontianak-Entikong yang berjarak 255 km dengan menggunakan mobil.

Selanjutnya, dari Entikong, mereka melanjutkan perjalanan sekitar 51 km untuk sampai ke tujuan. Sepeda motor menjadi andalan untuk digunakan.

Desa Sungkung yang menjadi tujuan rombongan pengantar bingkisan, termasuk kru KompasTV di dalamnya, sebenarnya termasuk wilayah Kabupaten Bengkayang. Namun, lebih cepat diakses melalui Entikong yang berada di Kabupaten Sanggau.

Akses jalan menuju Desa Sungkung didominasi tanjakan terjal dan turunan curam. Pengemudi juga harus ekstra hati-hati karena jurang di pinggir jalan.

Jalanan belum diaspal, masih berupa tanah dan batuan yang tak rata. Apalagi dalam keadaan basah, jalanan didominasi lumpur yang lengket.

Berikut ini video rekaman perjalanan KompasTV bersama tim pengantar bingkisan seragam dan tas dari Jokowi untuk anak-anak SD di Bengkayang:

 

 

Sumber berita Inilah Video Perjalanan Antar Tas Jokowi untuk Siswa SD Bengkayang : kompas.com

Comments

comments