Mencari Jejak Johannes Marliem dan Ketertarikannya pada Politik AS

Mencari Jejak Johannes Marliem dan Ketertarikannya pada Politik AS

Mencari Jejak Johannes Marliem dan Ketertarikannya pada Politik AS

Johannes Marliem, Direktur Biomorf Lone LLC, meninggal dunia di Edinburgh Avenue, West Hollywood, Amerika Serikat, Jumat (11/8) lalu. Laki-laki berumur 32 tahun tersebut meninggal karena luka tembak dan diduga bunuh diri.

Johannes Marliem adalah warga negara Amerika Serikat mulai tahun 2014. Sebelumnya, direktur perusahaan yang menyediakan teknologi alat perekam sidik jari atau automated finger print identification system (AFIS) bagi e-KTP di Indonesia itu merupakan warga negara Indonesia.

Meninggalnya Marliem menjadi pukulan telak bagi pengusutan kasus e-KTP di Indonesia. Hal tersebut patut dipahami, mengingat Marliem mengaku memegang rekaman percakapan antara ia dan puluhan pembesar serta tokoh-tokoh yang berperan dalam kasus e-KTP yang mencapai 500 gigabyte, termasuk percakapan dengan Setya Novanto.

“Mau jerat siapa lagi? Saya punya,” ucapnya, dikutip dari Tempo.

Tewasnya Marliem juga menimbulkan beberapa pertanyaan, terutama terkait pilihan waktu bunuh dirinya terjadi setelah ia disebut sebagai saksi kunci kasus e-KTP oleh media-media di Indonesia. Bahkan, kepada KONTAN, Marliem sempat menyesalkan pemberitaan media di Indonesia yang berpotensi membahayakan dirinya.

“Saya tidak mau dipublikasi begini sebagai saksi. Malah sekarang bisa-bisa nyawa saya terancam,” ujar Marliem seperti dikutip dari KONTAN.

Sementara itu, informasi yang diperoleh pasca meninggalnya Marliem terbatas. Media sosial menjadi lahan orang-orang mencari jejak-jejak untuk mengetahui siapa ia sebenarnya. Meski puluhan foto dan video dan beberapa twit di akun Instagram dan Twitternya telah dihapus, masih ada beberapa jejak yang dapat kita lihat dari akun Tumblr-nya. Dari ratusan unggahan yang ada, beberapa kali Marliem mengunggah konten soal politisi-politisi Amerika Serikat.

Salah satunya adalah foto Marliem bersama Walter Frederick “Fritz” Mondale, wakil presiden Amerika Serikat ke-42 di bawah Presiden Jimmy Carter.

Selfie Evening with Walter Frederick “Fritz” Mondale – the 42nd Vice President of the United States under President Jimmy Carter.

Selain itu, Marliem juga pernah mengunggah foto Joe Biden, wakil presiden Barack Obama 2013-2017.

Remembering Beau, left us a year ago. #BeauBiden @vp #beaubiden

Marliem juga punya ketertarikan khusus pada gaya mantan presiden Obama. Beberapa kali, ia mengunggah cara Obama memperlakukan dirinya sebagai manusia biasa.

And of course it was a staged photo-op. 😄😄 still a potus till Jan 17. 🤑🤑🤑.

Keterkaitan Marliem dengan politik AS pun tak hanya sampai di situ. Ia beberapa kali disebut menjadi donor bagi kampanye partai Demokrat di AS. Ia pernah menyumbang 225 ribu dolar AS atau senilai Rp 3 miliar pada pelantikan presiden Obama di periode kerjanya yang kedua.

#POTUS in Hanoi, reorienting to become a civilian again 😅😬😀 #potus

Semua gambar diatas didapatkan dari postingan Johannes Marliem dari akun Tumblr-nya.

 

Baca juga : Teka Teki Kematian Johannes Marliem Saksi Kunci e-KTP

 

 

Sumber berita Mencari Jejak Johannes Marliem dan Ketertarikannya pada Politik AS : kumparan

Comments

comments