SMRC Menilai 4 Faktor Penentu Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019

SMRC Menilai 4 Faktor Penentu Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019

SMRC Menilai 4 Faktor Penentu Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019

Meski sudah mendapat tiket pencalonan dari Golkar, PPP, Nasdem dan Hanura, namun bukan berarti Presiden Joko Widodo dengan mudah memenangkan pertarungan dalam Pemilu Presiden tahun 2019.

Direktur Program SMRC, Sirajudin Abbas, mengatakan ada beberapa konteks atau faktor yang patut dipertimbangkan oleh Presiden Jokowi jika ingin mencalonkan lagi dalam pemilu yang akan datang.

Pertama, buat Jokowi akan sangat ditentukan hubungan dengan kelompok pemilik suara dari kalangan muslim,” kata Sirojudin dalam diskusi politik di Jalan Sultan Agung, Jakarta, Minggu (30/7).

Diskusi RUU Pemilu

Diskusi RUU Pemilu (Foto: Fahrian Saleh/kumparan)

Dari pemilik suara muslim tersebut, Jokowi harus bisa merangkul berbagai organisasi muslim besar yang ada di Indonesia, seperti kelompok dari Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU) dan beberapa kelompok Islam lain.

Faktor kedua yang harus dipertimbangkan Jokowi adalah latar belakang sipil dan militer. Hal itu menurutnya, perlu mulai ditawarkan ke publik soal kehadiran militer dalam pemerintahan yang akan dibentuk.

“Soal kebutuhan pemimpin kuat dan Pak Jokowi belum ada di situ. Dan mulai ditawarkan ke publik kehadiran militer di pemerintaha, seperti apa? Seberapa kuat dan seberapa besar Indonesia mempersepsikan diri kepemimpinan yang kuat,” ujarnya.

Presiden Jokowi dan Panglima TNI Gatot Nurmantyo

Presiden Jokowi dan Panglima TNI Gatot Nurmantyo (Foto: Beawiharta/REUTERS)

Bukan hanya soal penggabungan sipil militer saja, kinerja Jokowi dalam menutaskan kepemimpinannya dua tahun mendatang, juga menjadi konteks yang dipertimbangankan selanjutnya. Hal ini jelas akan menggambarkan apakah warga dapat puas dengan kinerja Jokowi atau tidak.

Faktor ketiga “Pak Jokowi bisa mengupayakan dua tahun kepemimpinanya apakah warga masih terlayani dengan baik, sehingga betul-betul merasakan hasilnya,” ujar Sirojudin.

Related image

Direktur Program SMRC, Sirajudin Abbas

Pertimbangan atau faktor keempat, Presiden Jokowi juga diharapkan bisa mengelola isu perekonomian dengan sangat baik termasuk keamanan nasional. Isu sensitif ini jika berhasil dikelola, maka masyarakt bisa menaruh harapan lagi untuk Jokowi di periode kedua.

“Lalu yang bisa di-manage Jokowi soal performa ekonomi dan keamananan nasional. Ini penting dalam situasi seperti ini pemerintah butuh untuk menggenjot investasi. Itu faktor-faktor yang akan mengubah kompetisi di 2019 nanti,” pungkasnya.

 

Sumber Berita SMRC Menilai 4 Faktor Penentu Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019 : Kumparan.com

Comments

comments