Wakil Ketua DPR Fadli Zon Sebut Video Ahok-Djarot Kampanye Rasis

Wakil Ketua DPR Fadli Zon Sebut Video Ahok-Djarot Kampanye Rasis

Wakil Ketua DPR Fadli Zon Sebut Video Ahok-Djarot Kampanye Rasis, Belakangan tengah viral di media sosial soal video kampanye pasangan calon nomor urut 2, Basuki T Purnama ( Ahok)- Djarot Syaiful Hidayat berdurasi dua menit. Video itu diduga mengandung isu SARA. Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon, video tersebut memberikan pesan tidak baik kepada khalayak.

Penyebaran video ini, kata Fadli, termasuk kampanye tidak baik. Adanya video tersebut juga, semakin memperjelas bahwa selama ini melakukan sikap rasis adalah kubu Ahok-Djarot.

“Video itu memberikan satu message (pesan) kurang baik. Karena jelas di situ menyebarkan satu persepsi seolah-olah di Jakarta dan juga masyarakat muslim itu penuh kekerasan, apalagi di situ ada tulisan ‘Ganyang China’ dan lain-lain,” kata Fadli di Kawasan Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (10/4).

“Ini kampanye yang rasis, jadi kalau sekarang atau selama ini ada tuduhan-tuduhan rasis. Sebenarnya siapa yang rasis Jelas di situ menurut saya saudara Ahok itu yang rasis. Dengan menyebarkan video-video seperti ini. Ini jelas sangat menyinggung perasaan umat beragama juga,” ujarnya.

Fadli melanjutkan, Ahok tidak cukup hanya meminta maaf kepada khalayak, tetapi juga perlu adanya tindakan hukum. Karena sudah termasuk pada penyebaran kebencian, permusuhan dan sebagainya.

Dia juga menganggap video kampanye Ahok-Djarot dapat memecah belah masyarakat Indonesia dan perlu dilakukan tindakan. “Menurut saya memecah belah video ini, saya kira sangat berbahaya, dan harus ada tindakan,” tuturnya.

“Saya rasa tidak cukup minta maaf. Ini menurut saya sudah pelanggaran, ini suatu bisa dikategorikan sebagai menyebarkan rasa permusuhan, rasa kebencian dan sebagainya,” lanjutnya.

Dia menganggap kampanye dengan konten video semacam itu tidak sesuai dengan aturan. “Ya mestinya juga dilaporkan kepada pihak kepolisian, dan juga KPI bisa menilai kampanye atau video yang semacam itu kan jelas tidak sesuai dengan aturan yang ada,” ucap Fadli.

Perlu diketahui, dalam video yang diunggah di akun Twitter milik Ahok tersebut beedurai dua menit dan pada menit ke 0.08 dari video itu mengangkat tema kerusuhan, menampilkan ada sekelompok pemuda berpeci hitam berbaju putih lengkap dengan selempang kain sedang berteriak-teriak. Sementara itu latar belakang kelompok pemuda tersebut itu bertulis huruf besar dengan tulisan ganyang cina. Berawal dari situlah, video tersebut menuai kontroversi netizen.

 

 

Sumber Berita Wakil Ketua DPR Fadli Zon Sebut Video Ahok-Djarot Kampanye Rasis : Merdeka.com

Comments

comments