Walk Out Saat Anies Pidato Inilah Penjelasan Ananda Sukarlan

Walk Out Saat Anies Pidato Inilah Penjelasan Ananda Sukarlan

Walk Out Saat Anies Pidato Inilah Penjelasan Ananda Sukarlan

Nama pianis sekaligus komponis ternama, Ananda Sukarlan, jadi perbincangan karena aksi walk out-nya saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpidato dalam acara peringatan 90 tahun berdirinya Kolese Kanisius, Sabtu akhir pekan lalu. Dia pun mengklarifikasi hal ini.

Ananda mengunggah video klarifikasinya itu lewat akun Instagram-nya, @anandasukarlan, seperti dilihat detikcom, Rabu (15/11/2017). Dia mengunggah videonya dalam 3 bagian.

Bicara dengan latar Kolese Kanisius di Menteng, Jakarta Pusat, Ananda mengawali dengan mengklarifikasi soal aksi walk out-nya yang ramai dibahas. Dia menyatakan itu murni inisiatifnya.

“Walk out itu adalah murni inisiatif saya. Jadi saya nggak memprovokasi siapa-siapa. Saya walk out dengan sangat sopan karena saya tahu bahwa itu saya pasti akan mengganggu,” ujar Ananda.

Image result for Walk Out anies

Ananda Sukarlan

“Kalau sampai ada orang-orang yang ikut keluar dengan saya, itu saya nggak ngajak siapa-siapa. Jadi semoga ini jelas,” sambungnya. Saat itu, memang ada sejumlah alumni Kolose Kanisius lain yang mengikutinya walk out ketika Anies berpidato.

Hal kedua, Ananda juga bicara soal pidatonya dalam acara itu. Dia menyebut pidatonya sama sekali tidak bermaksud mengkritik pihak selain panitia acara.

“Pidato saya itu benar-benar seratus persen mengkritik panitia penyelenggara acara tersebut. Bukan mengkritik siapa-siapa lagi. Dan pada saat saya pidato, pada saat itu, Gubernur Jakarta (Anies, red) sudah tidak ada di tempat. Jadi semoga itu jelas,” ucapnya.

Ananda juga bicara soal sejumlah isu yang menyudutkan dirinya, salah satunya soal agama. Dia menyatakan sejak lahir hingga sekarang beragama Islam.

“Sekarang sudah ada website di mana mengatakan bahwa agama saya itu Kristen. Bukan. Saya itu Islam. Ini beneran ya. Saya sejak lahir Islam. Dan kemudian kalau ini memang tujuannya untuk menyerang sekolah, sekolah Kanisius itu adalah sekolah Katolik,” kata Ananda.

Image result for Walk Out anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

“Jadi kalau memfitnah, harus research dulu. Katolik dan Kristen itu dua hal yang berbeda. Tapi sekali lagi, saya Islam. Sekolah Kanisius itu adalah sekolah Katolik. Saya di Kanisius itu dari 1983 sampai 1986 sebagai seorang Islam di sekolah Katolik. Itu semoga jelas,” sambungnya.

Di video terakhir, Ananda juga bicara soal adanya pihak yang menyebut perilakunya aneh.

“Soal kalau saya rada aneh, saya matanya suka kedip-kedip, ini suka goyang-goyang segala macam, itu ada namanya. Saya mengidap Tourette syndrome dan Asperger syndrome. Jadi kalau saya gerak-gerak yang agak aneh begini, itu nggak ada hubungannya dengan ‘oh ini orang kayaknya udah mau bunuh diri’, saya stres atau bahkan ada yang bilang ‘ini kayaknya naksir’. Nggak. Bapak-bapak, Ibu-ibu jangan geer. Saya nggak naksir Anda. Saya memang begini,” jelasnya panjang-lebar.

Ananda lalu menutup video klarifikasinya. Dia menegaskan bahwa video itu dia buat atas kesadaran penuh tanpa ada paksaan dari pihak mana pun.

 

(Baca juga: PENJELASAN RATUSAN ALUMNI WALK OUT SAAT ANIES PIDATO DI KOLESE KANISIUS)

 

Sumber Berita Walk Out Saat Anies Pidato Inilah Penjelasan Ananda Sukarlan : Detik.com

Comments

comments