46 Orang Tewas 100 Orang Luka Akibat Pertikaian Etnis di Negeria

46 Orang Tewas 100 Orang Luka Akibat Pertikaian Etnis di Negeria

46 Orang Tewas 100 Orang Luka Akibat Pertikaian Etnis di Negeria, Pertikaian antaretnis di Nigeria telah menyebabkan sedikitnya 46 orang tewas dan hampir 100 orang terluka sejak awal Maret ini.

Hal itu disampaikan oleh aparat kepolisian Nigeria pada Rabu (22/3/2017). Pasukan khusus telah ditempatkan di kota Ile-Ife, di Negara Bagian Osun menyusul terjadinya dua hari konflik di sana.

Pertikaian etnis itu melibatkan suku Yoruba dan Hausa sebagaimana dilaporkan oleh juru bicara polisi Nigeria, Moshood Jimoh kepada Agence France-Presse.

“Hingga sejauh ini, 46 orang tewas dan 96 orang terluka dalam kekerasan di Ile-Ife. Dari para korban yang terluka, 81 orang telah pulih dan 15 orang masih dirawat di rumah sakit,” kata Jimoh.

Polisi telah menangkap setidaknya 20 orang menyusul kekerasan tersebut. Jimoh mengatakan, apa yang dilakukan pihaknya adalah memberikan pelajaran kepada warga untuk menjaga toleransi.

“Kita harus berhenti melihat diri kita sendiri sebagai orang Hausa, Igbo, dan Yoruba. Namun, kita adalah sebuah bangsa yang multietnis, beragam dalam perbedaan,” katanya.

Di tempat terpisah, sejumlah pria bersenjata menembak mati 17 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, ketika mereka menyerang sebuah wilayah pertanian di Nigeria tengah.

Kantor berita Agence France-Presse,melaporkan, serangan terjadi di wilayah Benue, Nigeria tengah itu terjadi pada Senin (20/3/2017).

Juru bicara polisi negara, Musa Yamu, mengatakan, para penyerang berkendara lalu melepaskan tembakan ke pasar dan membakar bangunan.

“Memang ada serangan di sebuah pasar di Zaki Biyam oleh orang tak dikenal, kemarin (Senin). Tujuh belas orang tewas dan 11 orang terluka ditembak orang-orang itu,” kata Yamu.

“Kami belum menangkap siapa pun dan kami belum mengetahui motif serangan itu. Kami telah memberikan beberapa nama orang yang dicurigai terlibat dalam serangan itu,” ujarnya.

Polisi sedang menyelidiki insiden tersebut.

Media setempat mengatakan antara 30 dan 50 orang tewas dalam serangan di wilayah yang selalu dilanda konflik antara penggembala Fulani yang nomaden dan petani setempat.

 

Sumber Berita 46 Orang Tewas 100 Orang Luka Akibat Pertikaian Etnis di Negeria : Kompas.com

Comments

comments