Rumah Dp 0 Rupiah Akan Dibangun Dekat Transportasi Massal

Anies : Rumah Dp 0 Rupiah Akan Dibangun Dekat Transportasi Massal

Anies : Rumah Dp 0 Rupiah Akan Dibangun Dekat Transportasi Massal, Namun, Anies tak spesifik memberitahukan lokasi kawasan tersebut. “Kalau nanti itu (rumah) dibangun, itu akan kami integrasikan, bukan sekadar permukiman. Permukiman itu akan kami terintegrasi dengan sistem transportasi,” kata Anies di Grogol Utara, Jakarta Selatan, Kamis (9/3/2017).

Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan bahwa rumah DP 0 rupiah akan dibangun di kawasan strategis.

Ia tidak ingin membangun rumah untuk warga yang lokasinya jauh dari akses transportasi massal.

Menurut Anies, jika program rumah DP 0 rupiah direalisasikan dalam bentuk rumah susun, ia ingin lokasinya dekat dengan stasiun atau kendaraan umum lain.

Menurut Anies, pemerintah saat ini membangun rumah susun di lokasi yang jauh dari akses transportasi. Baru setelah rumah susun terbangun, pemerintah saat ini menyediakan aksesnya.

“Anda bisa lihat ini, dibangun rumah susun tapi jauh dari fasilitas kendaraan umum yang massal. Efeknya kita harus menyiapkan fasilitas baru. Yang kami inginkan adalah terintegrasi,” ujar dia.

“Jadi kalau nanti ditanya lokasi, lokasinya pasti akan yang dekat dengan urat nadi transportasi umum yang massal di Jakarta,” kata Anies.

Dalam kampanyenya, Anies merasa heran atas protes terkait program DP 0 rupiah, sehingga terkesan rakyat kecil tak boleh memiliki rumah.

Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Grogol Utara, Jakarta Selatan

“Saya enggak tega warga Jakarta nyewa terus, ngontrak terus,” kata Anies di Grogol Utara, Jakarta Selatan, Kamis.

Dengan program tersebut, kata Anies, rakyat kecil diharapkan bisa memiliki rumah dengan cara mencicil. Rakyat disebut tambah terbantu lantaran sistem DP 0 rupiah. Sebab, menurut Anies, selama ini kendala mencicil rumah adalah uang DP.

“Jangan jadi pemerintah yang jadikan warga penyewa terus. Kalau penyewa terus enggak ada kepastian tempat tinggal,” kata Anies.

Padahal, menurut Anies, memiliki rumah adalah salah satu kebutuhan mutlak warga–dalam kategori papan. Anies menginginkan warga memiliki rumah agar bisa memiliki aset.

“Kalau ada tanah, nanti akan ada aset,” kata dia.

 

Sumber Berita Anies : Rumah Dp 0 Rupiah Akan Dibangun Dekat Transportasi Massal, Kompas.com

Comments

comments