Anies Sebut Programnya Masih Belum Diakomodir di APBD 2018

Anies Sebut Programnya Masih Belum Diakomodir di APBD 2018

Anies Sebut Programnya Masih Belum Diakomodir di APBD 2018

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku programnya belum masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018, yang kini tengah dirancang. Namun, tak disebut program apa saja yang belum diakomodir.

Anies menyebut saat Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) ditetapkan pada diserahkan ke DPRD pada Juni 2017, program miliknya belum dimasukan Gubernur sebelumnya.

“Sebagian membutuhkan otoritas dari gubernur dan karena memang gubernur belum ganti. Setelah ganti, baru bisa kita laksanakan,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (19/10).
Meski, belum ada programnya yang terdaftar di APBD 2018, Anies memastikan masih ada waktu tersedia untuk memasukannya sampai akhir 2017 nanti. “Kita kerja harus cukuplah,” ucap Anies.

Di samping itu, Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik yang juga anggota Badan Anggaran mendesak program milik gubernur yang baru segera dimasukkan. Pasalnya, program seperti DP rumah 0 rupiah belum tercakup dalam APBD yang tengah dirancang . “Contoh DP 0 rupiah enggak ada,” kata Taufik.

Image result for Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik

Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik

Taufik menjelaskan, dalam Kebijakan Umum Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2018 yang telah diserahkan kepada DPRD harus diperbaiki dulu oleh Pemprov DKI. “KUAPPAS 2018 dikembalikan karena belum memuat program Anies-Sandi. Semua belum dimuat,” sebut Taufik secara terpisah.

Taufik pun memasang target perbaikan KUAPPAS 2018 dan rancangan APBD 2018. “Pokonya Desember sudah mulai diselesaikan,” kata Taufik.

Image result for Tuty Kusumawati

Badan Kepala Perencanaan dan Pembangunan Daerah Tuty Kusumawati

Sementara itu, Badan Kepala Perencanaan dan Pembangunan Daerah Tuty Kusumawati menjelaskan pihaknya masih menunggu instruksi gubernur untuk memasukan program tersebut dalam APBD 2018. “Nanti tunggu arahan dulu. Iya dong, tunggu arahan dan dokumen apa-apa, saya belum terima nih,” kata Tuty.

Diketahui, sampai akhir tahun ini, program Anies-Sandi, seperti Oke Otrip dan KJP Plus sudah mendapat anggaran pada APBD-P 2017. Hanya saja, program-program tersebut tidak muncul dengan nama aslinya.

(Baca juga : TIM SINKRONISASI, ANIES-SANDI DIMINTA HABISKAN APBD RP 420 M PER HARI)

(Baca juga : M TAUFIK SEBUT BELUM DENGAR GUBERNUR DKI TOLAK REKLAMASI)

 

Sumber Berita Anies Sebut Programnya Masih Belum Diakomodir di APBD 2018 : Kumparan.com

Comments

comments