Begini Kronologi Aksi Bentrok Simpatisan PDIP di Markas FPI Yogyakarta

Begini Kronologi Aksi Bentrok Simpatisan PDIP di Markas FPI Yogyakarta

Begini Kronologi Aksi Bentrok Simpatisan PDIP di Markas FPI Yogyakarta

Sejumlah simpatisan PDIP dan sekelompok massa di markas FPI (Front Pembela Islam) terlibat dalam aksi bentrok, Minggu (7/4/2019) kemarin. Bentrokan ini terjadi di Jalan Jogja-Wates km 8, Padukuhan Ngaran Balecatur, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Beredar informasi bahwa dalam aksi bentrok tersebut, terjadi penyerangan satu sama lain. Hal ini ditampik oleh Kepala Bidang Humas Polda DIY, Ajun Komisaris Besar Yulianto.

“Enggak, enggak ada penyerangan apapun. Itu hanya aksi saling lempar antara 2 kelompok saja,” ujarnya, Senin (8/4/2019).

Berikut ini adalah kronologi aksi bentrok simpatisan PDIP dengan warga di Markas FPI Yogyakarta.

Sebelum Bentrokan

Sebelum aksi bentrokan terjadi, simpatisan PDIP awalnya akan menghadiri acara Kampanye Akbar Terbuka Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’aruf, di Alun-alun Wates, Kulon Progo. Untuk bisa sampai ke sana, mereka memang harus melalui Jalan Jogja-Wates.

Sekitar pukul 11.00 WIB, massa sempat berhenti di Jalan Wates km 8 tepatnya di Padukuhan Ngaran yang menjadi area dari markas FPI. Hal ini diketahui oleh warga sekitar yang adalah markas FPI.

Saat Aksi Bentrokan

Diduga, warga sekitar di Padukuhan Ngaran memprovokasi simpatisan PDIP sehingga terjadi aksi bentrok. Kedua kubu akhirnya terlibat aksi cek cok mulut dan aksi saling ejek tidak bisa dihindari.. Tak lama kemudian, sejumlah orang mulai mengambil batu yang ada di sekitar lokasi dan terlibat dalam aksi saling lempar batu.

“Memang sempat terjadi aksi saling lempar batu,” kata AKB Yulianto.

Suhu panas kedua belah pihak bisa diakhiri dengan cepat, kurang dari 10 menit. Pihak kepolisian pun tiba di lokasi untuk membuat suasana menjadi kondusif sehingga tidak semakin menjadi.

Mobil FPI yang rusak kena lemparan batu

Pasca Aksi Bentrokan

Tidak ada korban jiwa atas aksi bentrok ini. Namun, mobil jeep milik FPI rusak lantaran terkena lemparan batu saat bentrok. Bagian kaca depannya pecah dihantam batu. Diketahui, mobil tersebut milik Ketua FPI Yogyakarta, Bambang Tedi.

“Kebetulan mobilnya diparkir di mulut gang,” jelasnya.

Kepolisian masih berjaga hingga acara kampanye di Alun-alun Wates berakhir untuk mengantisipasi aksi bentrok ketika para pendukung paslon capres-cawapres nomor urut 01 kembali ke rumah.

Benar terjadi, ketika hendak kembali setelah usai menghadiri kampanye terbuka, massa PDIP sempat melempar batu ke arah markas FPI, tempat di mana mereka bentrok saat berangkat. Suhu sempat memanas ketika semakin banyak massa PDIP yang berhenti dan melempar batu ke arah markas FPI.

Pihak kepolisian berhasil menghalau massa untuk melempar batu dan menghimbau untuk segera melanjutkan perjalanan. Jalan masuk ke arah markas FPI dijaga ketat oleh pihak kepolisian.

 

 

Baca juga : Bentrok Simpatisan PDIP di Markas FPI Yogyakarta, Satu Mobil Rusak

 

 

Sumber berita Begini Kronologi Aksi Bentrok Simpatisan PDIP di Markas FPI Yogyakarta : kumparan

Comments

comments