Beginilah Alasan Kenapa Susi Cabut Subsidi BBM untuk Nelayan?

Beginilah Alasan Kenapa Susi Cabut Subsidi BBM untuk Nelayan?

Beginilah Alasan Kenapa Susi Cabut Subsidi BBM untuk Nelayan?

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti memberikan keterangan bahwa dirinya meminta pihak PT Pertamina mencabut subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi para nelayan. Apa alasan susi mencabut subsidi BBM nelayan?

Menurut Susi, selama ini nelayan sulit mendapatkan BBM solar untuk kapal mereka, apalagi untuk solar bersubsidi. Oleh karenanya yang dibutuhkan nelayan saat ini adalah stok solar yang melimpah dan tak terbatas.

“Padahal, keluhan nelayan kami itu tidak perlu subsidi. Kami perlu solar ada di mana-mana. Jadi tolong dicabut (subsidinya), tapi kembalikan solar ada di mana-mana karena nelayan membutuhkan. Itu permintaan kita kepada Pertamina,” ujar Susi, di Gedung Mina Bahari IV, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Gambir, Jakarta Pusat, Senin (31/7).

Image result for Kerjasama KKP dan Pertamina

Kerjasama KKP dan Pertamina

Perlu diketahui, pada kesempatan yang sama, Susi menggandeng PT Pertamina dalam menyediakan ketersediaan BBM bagi nelayan. Selain meminta PT Pertamina mencabut subsidi, tak tanggung-tanggung Susi meminta PT Pertamina memastikan ketersediaan BBM.

“Tidak ada limit (jumlah BBM dari PT Pertamina bagi nelayan), merata di mana-mana (semua wilayah),” imbuh Susi.

Susi lantas menceritakan keinginan dirinya menghilangkan subsidi BBM untuk kapal di atas 30 Gross Ton (GT), pada saat awal menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Namun keinginan Susi pada saat itu belum terealisasi.

Image result for Kerjasama KKP dan Pertamina

Kerjasama KKP dan Pertamina

Alsan Susi mencabut subsidi BBM juga karena susbidi BBM bagi nelayan selama ini tidak tepat sasaran. Subsidi BBM selama ini tidak banyak dinikmati oleh para nelayan kecil, melainkan dinikmati oleh industri perikanan besar.

“Subsidi ini yang nikmati ternyata industri yang tidak sepantasnya mendapatkan solar subsidi. Jadi kita selalu dukung Pertamina pak, karena Pertamina yang kuat, sehat, itu jadi partner untuk kembangkan wilayah SKPT kita,” cerita Susi.

Menindaklanjuti rencananya tersebut, Susi akan akan membicarakannya dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan. Pasalnya selama ini nelayan sering mendapatkan harga solar yang cukup mahal.

“Saya mohon ini bisa ditindaklanjuti Saya akan bicara dengan Pak Jonan akan mengingatkan beliau,” pungkas Susi.

 

Sumber Berita Beginilah Alasan Kenapa Susi Cabut Subsidi BBM untuk Nelayan? : Kumparan.com