Diduga Bukan Hasil Sabotase, Temuan Kulit Kabel di Saluran Air, tetapi...

Diduga Bukan Hasil Sabotase, Temuan Kulit Kabel di Saluran Air, tetapi…

Diduga Bukan Hasil Sabotase, Temuan Kulit Kabel di Saluran Air, tetapi…,Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan indikasi adanya sabotase di balik temuan kulit kabel dalam saluran air tidak begitu besar. Menurut dia, kulit kabel tersebut berasal dari pencurian tembaga kabel lama di dalam saluran air.

“Ternyata kabel-kabel seperti ini, pemasangan utilitas kabel-kabel yang bercampur dengan drainase mungkin ada di 90 persen di Jakarta. Ini problem-nya dan ini tidak mudah,” ujar Sumarsono di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat

kondisi saluran air yang seperti itu bisa membuat sampah menjadi tersumbat. Misalnya seperti di saluran air Jalan Wahid Hasyim. Sumarsono mengatakan di sana ada 12 kabel yang bertumpuk di dalam saluran airnya. Hal ini diketahui setelah kunjungan Sumarsono ke saluran air itu.

Kabel utilitas yang semrawut di dalam saluran air Jalan Wahid Hasyim

Kabel utilitas yang semrawut di dalam saluran air Jalan Wahid Hasyim

Sumarsono mengatakan ada orang yang mencuri tembaga dalam kabel utilitas yang lama, tetapi kulitnya ditinggal di dalam saluran. Menurut dia, perlu ada regulasi baru di Pemprov DKI Jakarta yang mengatur soal ini.
“Pihak kepolisian kan sedang menyelidiki, tapi dugaan sementara hasil diskusi dari kita salah satu diantaranya yang saya katakan tadi. Kemungkinan ada yang nakal mengambil tembaganya dan buang kulit seenaknya,” ujar Sumarsono
“Inilah sebenarnya di tengah upaya menanggulangi banjir, ini menjadi salah satu penyebab juga, karena itulah kita sedang memikirkan bagaimana caranya agar tidak seenaknya kabel-kabel ini gabung dengan drainase,” ujar Sumarsono.
“Paling enggak di jalan di kawasan Kuningan dulu. Di tempat lain juga akan menjadi prioritas dan semua kawasan yang dicurigai salurannya tidak lancar, akan kita cek juga,” ujar Sumarsono.
Sumarsono mengatakan ini merupakan dugaan sementara atas temuan kulit kabel tersebut. Dia mengatakan kepastian tentang sumber kulit kabel masih menunggu penyelidikan polisi.
“Kemungkinan soal kulit kabel ini bukan dalam konteks sabotase, indikasi itu kecil ya. Tapi ketidakdisiplinan dan moralitas pekerja yang menjadi penyebab ini semua. Orang buang sampah seenaknya atau ada yang curi tembaga kabel dan buang kulit seenaknya,” ujar Sumarsono di Jalan Gatot Subroto, Jumat (10/3/2017).

 

Sumber Berita Diduga Bukan Hasil Sabotase, Temuan Kulit Kabel di Saluran Air, tetapi… : Kompas.com

Comments

comments