Ini Dia Tampang Antonio Banerra, Penghasut Terulangnya Kerusuhan 1998

Ini Dia Tampang Antonio Banerra, Penghasut Terulangnya Kerusuhan 1998

Ini Dia Tampang Antonio Banerra, Penghasut Terulangnya Kerusuhan 1998

Polda Jatim menangkap pemilik akun facebook penyebar hoaks, Antonio Banerra. Dalam postingan facebooknya, Antonio mengajak masyarakat memilih salah satu paslon pada Pilpres 2019 dan mengkaitkannya dengan kerusuhan 1998.

Selain itu, Antonio juga menyebarkan hoaks jika tak memilih paslon tersebut, tragedi kerusuhan 1998 dan perkosaan massal kepada etnis Tionghoa akan terulang.

Penangkapan ini terjadi sekitar pukul 18.45 WIB di daerah Buncitan, Sedati, Sidoarjo. Direskrimsus Polda Jatim Kombes Yusep Gunawan pun membenarkan hal ini.

“Saya sampaikan iya (sudah tertangkap),” kata Yusep saat dihubungi wartawan di Surabaya, Sabtu (6/4/2019).

Akun Antonio Banerra, Penghasut Terulangnya Rusuh 1998

Sebelumnya, dalam akun facebooknya, Antonio mengaku menjadi jurnalis dalam portal online JPNN atau Jawa Pos National Network. Antonio juga mengaku sebagai orang Semarang yang berdomisili di Surabaya.

Sementara itu, pihak JPNN pun menampik jika Antonio Banerra merupakan salah satu karyawannya. JPNN juga akan melaporkan akun Facebook Antonio Banerra ke Polda Metro Jaya.

“Itu bukan wartawan dan tidak pernah bekerja di JPNN.com dan kita akan melaporkan dia ke polisi,” kata Direktur Jawa Pos National Network (JPNN) Auri Jaya saat dihubungi, Sabtu (6/4/2019).

Postingan akun Antonio Banerra, Penghasut Terulangnya Rusuh ’98

Lalu siapa sebenarnya Antonio Banerra?

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera mengatakan bahwa Antonio Banerra bukan nama asli pelaku. Barung menyebut nama asli Antonio Banerra yakni Arif Kurniawan Radjasa (36).

“Yang diamankan bernama Arif Kurniawan Radjasa alias Antonio Banerra. Keturunan Tionghoa,” kata Barung saat dimintai konfirmasi wartawan, Sabtu (6/4/2019).

Untuk alamat, lanjut Barung, Arif beralamat di Pagerwojo, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang. Alamat itu sesuai yang tercantum pada kartu identitas.

“Sesuai dari KTP yang bersangkutan,” ujar Barung singkat.

Selain itu, polisi juga mengamankan istri Antonio yang bernama Puji Astutik (32). Puji beralamat di Mojosari, Kecamatan Kepanjen, Malang.

“(Antonio dan istrinya) kita amankan di tempat kosnya di Buncitan, Sedati, Sidoarjo,” terang Barung.

Sebelumnya, Polda Jatim menangkap Antonio bersama istrinya di daerah Buncitan, Sedati, Sidoarjo. Antonio kemudian dibawa ke Polda Jatim.

Mereka tiba di Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim sekitar pukul 20.12 WIB. Penangkapan Antonio ini dipimpin langsung oleh Kasubdit V Cyber Crime AKBP Harissandi dan anggota Polrestabes Surabaya.

 

 

Baca juga : Polisi Tangkap Pria Penghina Jokowi PKI dan Babu Cina di Bogor

 

 

Sumber berita Ini Dia Tampang Antonio Banerra, Penghasut Terulangnya Kerusuhan 1998 : detik

Comments

comments