Ini Video Lengkap Saat Lumpuhkan Suliyono Penyerang Gereja Bedog

Ini Video Lengkap Saat Lumpuhkan Suliyono Penyerang Gereja Bedog

Ini Video Lengkap Saat Lumpuhkan Suliyono Penyerang Gereja Bedog

Suliyono, pria asal Banyuwangi, nekat menyerang jemaat Gereja Santa Lidwina Stasi Bedog Sleman, Minggu (11/2) pagi, yang tengah melakukan misa ekaristi. 4 Orang jemaat dan seorang polisi luka-luka.

Selain itu, Suliyono juga merusak beberapa barang di ruangan tempat berlangsungnya misa. Patung Yesus Kristus dan Bunda Maria menjadi sasaran amukan Suliyono.

Polisi sempat bernegosiasi dengan Suliyono agar menyerahkan diri. Namun, ia malah melawan hingga akhirnya polisi menembak Suliyono.

Densus 88 Selidiki Suliyono yang Serang Gereja Bedog Yogya

Polisi menangkap Suliyono, pelaku penyerangan di Gereja Santa Lidwina Bedog Yogyakarta, setelah ditembak di bagian perut dan kaki. Densus 88 juga diturunkan untuk menyelidiki kasus ini.

“Udah pasti (menurunkan Densus 88) untuk menyelidiki, menganalisa apakah peristiwa ini aksi teror atau aksi yang dilakukan orang-orang atau lone wolf,” kata Komjen Ari Dono Sukmanto saat meninjau lokasi Gereja Santa Lidwina di Bedog, Sleman, Yogyakarta, Minggu (11/2).

Ari Dono meninjau lokasi tersebut bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua DPR Bambang Soesatyo, beserta sejumlah pejabat lainnya. Suliyono beraksi seorang diri saat menyerang para jemaat yang sedang beribadah misa ekaristi. Namun dia belum bisa memastikan apakah pria tersebut murni bergerak seorang diri atau berafiliasi dengan pihak-pihak tertentu.

“Kalau kita lihat dari peristiwanya pelaku masuk sendiri kemudian melakukan aksinya. Masih dalam penyelidikan (apakah ada keterlibatan pihak lain atau tidak-red),” tutur Ari.

Kabareskrim Polri, Komjen Ari Dono Sukmanto

Ari mengimbau semua pihak tidak berspekulasi mengenai kejadian ini dan semakin membuat gaduh suasana. Dia meminta masyarakat tetap tenang.

“Saya mengimbau untuk tidak mengambil langkah analisa masing-masing karena setelah ini Kapolda (Yogya) akan mengumpulkan ormas-ormas dan menginformasikan apa sebenarnya yang terjadi,” tuturnya.

Dia berterima kasih kepada para jemaat gereja yang langsung menghubungi polisi. Sehingga Suliyono dapat segera dilumpuhkan meski sempat melukai 4 orang jemaat dan romo, serta seorang polisi.

 

 

Baca juga : Penyerangan Gereja Bedog Ancam Toleransi, Istana Minta Polisi Tegas

Baca juga : Kutuk Aksi Penyerangan Gereja Bedog, MUI Minta Polisi Usut Tuntas

 

 

Sumber berita Ini Video Lengkap Saat Lumpuhkan Suliyono Penyerang Gereja Bedog : kumparan.com

Comments

comments