Kakek Tua Penuh Tato Simbol Yakuza Ditangkap, Ternyata Dia adalah...

Kakek Tua Penuh Tato Simbol Yakuza Ditangkap, Ternyata Dia adalah…

Kakek Tua Penuh Tato Simbol Yakuza Ditangkap, Ternyata Dia adalah…

Tato di tubuh Shigeharu Shirai membuat pemimpin Yakuza ini tertangkap di Thailand, mengakhiri 14 tahun pelariannya. Tidak bisa tidak, tato yang memenuhi sekujur tubuh Shirai ini sangat mencolok dan menarik perhatian. Biasanya hanya anggota Yakuza yang memilikinya.

Foto Shirai yang bertelanjang dada viral di Facebook beberapa waktu lalu. Tidak lama kemudian dia dicokok oleh tim SWAT Thailand di kota Lopburi ketika sedang berbelanja di pasar. Dia memang sudah lama buron setelah membunuh rivalnya di Jepang pada 2003 lalu.

Bagi anggota Yakuza, tato adalah identitas yang tidak terpisahkan. Berbagai macam bentuk dan rupa memenuhi sekujur tubuh mereka. Di zaman dulu, tato ini dibuat dengan metode irezumi atau tato dengan memasukkan tinta menggunakan jarum yang ditepuk-tepuk dengan tangan.

Ilustrasi tato Yakuza.

Sakit? Tidak usah ditanya lagi. Karena prosesnya yang lama dan menyakitkan, tato juga dibuat untuk menunjukkan keberanian dan keteguhan mereka jadi anggota Yakuza.

Dikutip dari situs penggemar tato, Ratta Tattoo, biasanya tato Yakuza dibentuk menyerupai pakaian. Tidak ada di bagian leher, namun penuh di punggung, dada, dan tangan hanya sampai siku. Alasannya, agar tato mereka dapat dengan mudah ditutupi dengan baju sehingga tidak diketahui mereka anggota Yakuza. Biasanya hanya anggota geng lainnya atau keluarga yang tahu keberadaan tato di tubuh seorang Yakuza.

Shirai sedang apes, dia dipotret ketika bertelanjang dada membuat tatonya terekspos. Dari tatonya bisa diketahui Shirai adalah pejabat di geng Yakuza. Pasalnya menurut Ratta Tattoo, semakin banyak tato di tubuh, maka semakin berpengaruh dan kaya anggota Yakuza tersebut.

Gambar Samurai

Dalam foto yang tersebar, tato pria 74 tahun itu memenuhi sekujur tubuhnya. Ada gambar samurai di punggungnya. Ini juga bukan gambar sembarangan, ada maknanya.

Bos Yakuza yang tertangkap di Thailand

Samurai melambangkan Bushido, cara hidup seorang ksatria yang meliputi keberanian, kesetiaan, dan kehormatan yang didasari ideologi Buddha dan Konfusius. Yakuza banyak mengambil falsafah hidup samurai dan menganggap diri sebagai pelestari tradisi kuno Jepang.

Selain samurai, di tubuh Shirai juga ada gambar bunga teratai dan bunga matahari. Di Jepang, bebungaan mewakili perjuangan hidup untuk mencapai potensi terbaik dan indah yang sempurna.

Teratai memulai kehidupannya dari dasar kolam, lalu berjuang menuju ke permukaan. Bagi Yakuza, teratai mewakili kebangkitan spiritual dan perjalanan menuju kehidupan yang lebih baik.

Tidak hanya samurai, tato Yakuza juga memuat gambar mitologi-mitologi Jepang. Paling banyak adalah naga dan ikan koi, perlambang kekayaan dan kemakmuran. Ada juga gambar geisha, simbol dari kesuburan, keberuntungan dan tradisi.

Bos Yakuza yang tertangkap di Thailand

Tradisi tato di tubuh Yakuza ini muncul di awal abad ke-17 di Jepang. Awalnya, tato ini dibubuhkan oleh aparat untuk menandai bahwa seseorang pernah dipenjara karena sebuah kejahatan.

Orang-orang bertato ini kemudian membentuk organisasi bernama ninkyō dantai (organisasi ksatria), cikal bakal Yakuza. Pekerjaan mereka menjual barang-barang ilegal atau membuka rumah judi. Awalnya tato tidak diminati karena identik dengan penjahat di kala itu, namun seiring waktu Yakuza menganggap tato sebagai tradisi kelompok dan simbol status.

 

 

Baca juga : Viral Video Ikan Goreng Masih Bergerak Hebohkan Netizen di China

 

 

Sumber berita Kakek Tua Penuh Tato Simbol Yakuza Ditangkap, Ternyata Dia adalah… : kumparan.com

Comments

comments