Kawal Ketua PA 212 ke Polresta Surakarta, Amien Rais: Pak Jokowi, Apa Sih Maumu?

Kawal Ketua PA 212 ke Polresta Surakarta, Amien Rais: Pak Jokowi, Apa Sih Maumu?

Kawal Ketua PA 212 ke Polresta Surakarta, Amien Rais: Pak Jokowi, Apa Sih Maumu?

Amien Rais tampak ikut mengawal Ketua PA 212, Slamet Ma’arif saat mendatangi Mapolresta Surakarta hari ini. Selain itu, Slamet juga dikawal massa berbendera kalimat Tauhid dan pekikan takbir.

Amien tampak mengenakan kemeja jins biru dengan topi abu-abu. Meski jumlah pendamping sempat dibatasi, Amien akhirnya bisa ikut masuk ke dalam Mapolresta Surakarta. Amien masuk terlebih dahulu, kemudian disusul Slamet Ma’arif.

Selain Amien Rais, tampak Mahendradatta dan Muhammad Al Khaththath juga ikut mendampingi Slamet, Kamis (7/2/2019).

Massa lebih dahulu datang secara bergelombang. Mereka membentuk barisan di Jalan Adi Sucipto, depan Mapolresta Surakarta. Polisi memasang kawat berduri untuk membatasi massa dengan pintu gerbang.

Massa hadir membawa bendera bertuliskan kalimat tauhid. Mereka berorasi memberikan dukungan kepada Slamet. Mereka juga meminta kepolisian bertindak adil.

Baru pukul 10.20 WIB, rombongan Slamet Ma’arif datang. Polisi kemudian membatasi orang-orang yang diperbolehkan masuk mendampingi Slamet. Hal tersebut menyulut amarah massa yang datang.

Massa yang berada di barisan depan langsung menggoyang-goyangkan kawat berduri sambil berteriak-teriak. Beberapa tokoh pun akhirnya diperbolehkan masuk ke dalam Mapolresta Surakarta.

“Kita berharap semoga pemeriksaannya cepat selesai,” kata salah satu kuasa hukum Slamet Ma’arif, Mahendradatta.

Suasana Mapolresta Solo saat didatangi Ketua PA 212.

Suasana Mapolresta Solo saat didatangi Ketua PA 212. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Amien Rais: Pak Jokowi, Apa Sih Maumu?

Amien Rais ikut mengawal Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 yang menghadiri pemeriksaan Polresta Surakarta. Dia mempertanyakan maksud Presiden Joko Widodo dengan proses hukum Slamet Ma’arif.

“Saya ingatkan Pak Jokowi. Pak Jokowi, apa sih maumu?” kata Amien kepada wartawan, Kamis (7/2/2019).

Dia menjelaskan kedatangannya di Mapolresta Surakarta ialah untuk memberikan dukungan moral kepada Slamet Ma’arif. Sebab, dia juga merupakan bagian dari PA 212.

Kawal Ketua PA 212, Amien Rais: Pak Jokowi, Apa Sih Maumu?

Amien Rais di Mapolresta Surakarta. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

“Saya ke sini karena saya ini ketua penasihat alumni 212. Saya diminta datang ke Solo memberikan dukungan moral,” ujarnya.

Amien juga memberikan pesan kepada kepolisian agar tetap menjaga profesionalitasnya dalam melaksanakan penyidikan.

“Saya titip tolong pegang IPT, ikhlas, profesional, terpercaya,” kata dia.

Sebelumnya, Amien tiba di Mapolresta Surakarta pukul 10.20 WIB mengenakan kemeja jins biru dengan topi abu-abu.

Meski jumlah pendamping sempat dibatasi, Amien akhirnya bisa ikut masuk ke dalam Mapolresta Surakarta. Amien masuk terlebih dahulu, kemudian disusul Slamet Ma’arif.

Adapun Slamet Ma’arif diduga melakukan pelanggaran pemilu. Dia dianggap melakukan kampanye saat menjadi pembicara di acara tablig akbar PA 212 Solo Raya pada 13 Januari 2019 lalu.

Slamet kemudian dilaporkan oleh Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Surakarta, Her Suprabu pada keesokan harinya. Setelah dua pekan, Bawaslu dan tim penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) melanjutkan proses ke penyidikan kepolisian.

 

Sumber Berita Kawal Ketua PA 212 ke Polresta Surakarta, Amien Rais: Pak Jokowi, Apa Sih Maumu?: Detik.comDetik.com