Kepala BIN Nilai Ada Pihak yang Pelintir Isu Orang Gangguan Jiwa

Kepala BIN Nilai Ada Pihak yang Pelintir Isu Orang Gangguan Jiwa

Kepala BIN Nilai Ada Pihak yang Pelintir Isu Orang Gangguan Jiwa

Kasus serangan ke pemuka agama yang dilakukan oleh orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) terjadi di Jawa Barat. Kasus ini kemudian berkembang liar hingga ke Jawa Timur. Muncul dugaan dan tudingan adanya rekayasa. Belum lagi isu SARA juga menyeruak.

Menurut Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, kasus serangan oleh orang dengan gangguan jiwa ini tak terkoneksi antara satu dengan yang lainnya.

“Kalau melihat ini secara jernih. Contoh yang di Jatim itu dia kan mau berobat. Memang sudah berobat di situ. Karena ustaz yang mengobati itu tidak ada. Dari pagi sampai sore karena mereka itu boring, kekurangan. Kan dia stres terus ngamuk,” beber Budi di Kantor Wapres di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (15/2).

“Di Bogor beda lagi. Dan itu orang gila murni. Kita sedang mengalami tes. Ada lagi di Bogor direkayasa, diganti pakai seragam. Kemudian difilm (divideo-red) dan diviralkan,” imbuh Budi.

Budi menilai bahwa ada pihak yang memelintir kasus kekerasan tersebut. “Satu case dengan lainnya tidak ada keterkaitan. Ada pihak yang memelintir. Dugaan buat SARA, dipolitisir, lempar berita hoaks. Termasuk isu lama juga dilempar lagi. Masyarakat harus peka. Jangan sampai kita terjebak,” jelasnya.

Budi menjelaskan, pelaku penyebaran hoaks ini berasal dari dalam negeri. Cyber Crime Mabes Polri bekerja mengungkap para penyebar hoaks.

“Ya dari dalam. Kebanyakan dalam. Sampai hari ini sekitar 7 tersangka, bekerja sama dengan cyber crime,” tegas dia.

Budi juga menepis anggapan BIN kebobolan dalam kasus serangan oleh orang dengan gangguan jiwa ini.

“Enggak. Karena kita sudah prediksi. Ini kan tahun politik. Dan kita sudah ingatkan bahwa kampanye hitam dalam bentuk penggunaan apa media sosial untuk dipolitisir itu akan marak,” tutup Budi.

Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan

 

 

Baca juga : Orang Sakit Jiwa Dianiaya, 3 Anggota Ormas Islam Diperiksa

 

 

Sumber berita Kepala BIN Nilai Ada Pihak yang Pelintir Isu Orang Gangguan Jiwa : kumparan.com