kulit kabel

Penampakan Kulit Kabel Yang Menyumbat Gorong-gorong Ditemukan Di Jalan Gatot Subroto

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau yang biasa dikenal dengan pasukan oranye bersama petugas Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan atau pasukan biru dari Kelurahan Kuningan Barat menemukan gulungan kulit kabel.

Kulit kabel itu menyebabkan Jalan Gatot Subroto sempat tergenang pada Kamis (2/3/2017) petang.

Dari foto yang didapatkan dari Kelurahan Kuningan Barat, pada Kamis petang, Jalan Gatot Subroto tepatnya di depan Wisma Mulia sempat tergenang setinggi 20-30 cm.

banjir

Lurah Kuningan Barat Erwin Lobo mendapat laporan genangan di depan Wisma Mulia dari pihak pengelola. Dia mengaku heran karena kawasan tersebut biasanya bebas banjir.

Kemudian dia mengerahkan pasukan oranye untuk mengecek tali air, pada Jumat (3/3/2017).

pasukan oranye kuningan barat

Setelah dicek, ternyata tali air normal. Ternyata penyebab terjadinya genangan dari dalam gorong-gorong. “Saluran di bawah Jalan Kuningan Barat banyak kulit kabel,” kata Erwin, kepada Kompas.com, Minggu (5/3/2017).

Setelah pasukan oranye menemukan kulit kabel dan membersihkan gorong-gorong, Jalan Gatot Subroto tak lagi tergenang ketika hujan turun.

jalan gatot subroto

Pencarian kulit kabel di gorong-gorong kembali dilanjutkan Sabtu (4/3/2017). Kali ini, pasukan oranye bersama pasukan biru menyusuri gorong-gorong di depan Menara Jamsostek atau di samping Wisma Mulia.

Mereka kembali mendapatkan gulungan kulit kabel hingga sebanyak satu mobil bak.

kulit kabel kuningan barat

Dari foto yang didapatkan, kondisi di dalam gorong-gorong begitu gelap dan dipenuhi oleh kabel galian. Terlihat banyak kulit kabel yang mengapung di saluran air tersebut.

kulit kabel di gorong-gorong

Hari Minggu ini, pasukan oranye dan pasukan biru akan kembali menyusuri gorong-gorong di depan Hotel Four Season dan Museum Satria Mandala.

kulit kabel di gatot subroto

Temuan kulit kabel di dalam gorong-gorong ini juga terjadi pada awal tahun 2016 lalu. Saat itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menganggap ada sabotase karena temuan tersebut.

kulit kabel di kelurahan kuningan

Kulit kabel saat itu ditemukan di gorong-gorong Jalan Medan Merdeka Barat dan Medan Merdeka Selatan.

“Bedanya kalau kemarin, kulit kabelnya kecil-kecil dan sekarang temuan kulit kabelnya besar,” kata Erwin.

Dia menduga kulit kabel yang ditemukan merupakan kabel fiber optik. Mengetahui hal itu, Erwin langsung melapor ke Basuki atau Ahok. “Gubernur kan tahu pas saya share foto ke grup tingkat kota,” kata Erwin.

Comments

comments