Pingsan di Panggung Teater, Butet Kartaredjasa Jalani Operasi di Rumah Sakit

Pingsan di Panggung Teater, Butet Kartaredjasa Jalani Operasi di Rumah Sakit

Pingsan di Panggung Teater, Butet Kartaredjasa Jalani Operasi di Rumah Sakit

Aktor panggung Butet Kartaredjasa membenarkan sedang dirawat di rumah sakit. Dia dalam waktu dekat ini akan menjalani operasi.

“Sebentar lagi dioperasi,” kata Butet saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (23/3).

Butet tak merinci penyakit yang dialaminya. Namun apa yang dialami Butet telah dikabarkan oleh sutradara Agus Noor di akun Instagramnya, @agusnoor_.

Agus bilang Butet sakit jantung. Penyakitnya itu kambuh kemarin malam, saat Butet di atas panggung sedang memerankan Semar dalam pertunjukan teater Kanjeng Sepuh di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

“Semalam, saat pentas memasuki menit ke-60an, Butet yang memerankan Semar, tumbang, tubuhnya lemas dan dingin. Tergolek pucat,” kata Agus Noor.

“Itu usai adegan Semar muncul di kuburan: hidup itu cuma main-main, yang serius kematian. (Dokter yang merawatnya kemudian menjelaskan: jantungnya kumat, enzim di jantungnya naik 100x lipat),” papar dia melanjutkan.

Butet yang tumbang membuat suasana di belakang panggung jadi tegang. Di atas panggung, kata Agus, pentas terus berjalan. Para pemain tak tahu apa yang terjadi dengan Butet.

Agus berkata pentas terus berjalan sambil memotong atau melewati banyak adegan yang seharusnya menghadirkan Semar.

“Saya dari sisi panggung berusaha “memberi kode” pada pemain agar adegan kemunculan Semar di-skip. Pada pemain yang akan muncul kemudian, saya memberikan kemungkinan-kemungkinan improvisasi apabila Butet tak bisa melanjutkan permainan,” ujarnya.

Seiring waktu kondisi Butet perlahan membaik. Agus bercerita dirinya sempat menolak saat Butet ingin lanjut memainkan perannya. Namun, dirinya tak kuasa menahan keinginan Butet itu ketika memasuki babak akhir cerita.

“Butet bersikeras muncul ke panggung. Saya tak yakin. ‘Biarlah saya menuntaskan kewajiban saya dengan terhormat malam ini’. Begitu ia berkata.”

“Maka, saya pun membiarkannya muncul menutup adegan terakhir, saat Semar mengungkap rahasia kebenaran,” ujar Agus melanjutkan.

Pertunjukan teater Kanjeng Sepuh sendiri masih akan berlangsung malam ini di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki. Belum diketahui apakah sosok Semar yang diperankan Butet akan diganti oleh aktor lain atau ditiadakan.

 

Sumber Berita Pingsan di Panggung Teater, Butet Kartaredjasa Jalani Operasi di Rumah Sakit: Cnnindonesia.com

Comments

comments