Polemik Masjid Al Safar dan Penampakan 8 Foto Masjid Segitiga di Dunia

Polemik Masjid Al Safar dan Penampakan 8 Foto Masjid Segitiga di Dunia

Kontroversi Masjid Al Safar akhirnya berakhir islah. Kenyataannya, unsur segitiga banyak kok dipakai oleh masjid-masjid di dunia.

Masjid Al Safar di Rest Area Tol Km 88 dituding punya simbol Illuminati karena ada unsur segitiga dan lingkaran. Sang arsitek yang juga Gubernur Jabar Ridwan Kamil lantas menjelaskannya panjang lebar.

Bentuk geometri segitiga memang bukan otomatis simbol Illuminati. Kalau traveler sering jalan-jalan dan berkunjung ke banyak negara, ada masjid-masjid di dunia yang memakai unsur segitiga di dalam eksterior atau interior masjidnya.

Dihimpun detikcom dari berbagai sumber, Rabu (12/6/2019) inilah 8 masjid di dunia dengan unsur segitiga yang ada di bangunannya

Image result for Ornamen segitiga di mihrab Masjid Nabawi

Masjid Nabawi di Madinah

Siapa yang tidak kenal dengan masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Semua jamaah umrah dan haji pasti datang ke masjid ini. Inilah masjid suci kedua umat Islam di seluruh dunia.

Di dalam masjid ini ada makam Nabi Muhammad SAW. Nah, coba perhatikan mihrab di Masjid Nabawi. Bangunannya memakai tutupan segitiga dengan ornamen lingkaran.

Masjid Siti Aisyah

Masih dari Arab Saudi, ada Masjid Siti Aisyah. Ini adalah sebuah masjid baru dan modern di Jeddah, Arab Saudi.

Arsitektur berbentuk segitiga sangat dominan di masjid ini. Model bangunannya sebenarnya terinspirasi dari tenda-tenda Suku Baduy di padang pasir Arab Saudi.

Image result for Masjid Aspire

Masjid Aspire

Kota Doha di Qatar punya masjid berbentuk segitiga, namanya Masjid Aspire. Ini dinamakan sesuai tempatnya yaitu Aspire Zone di Doha Sports City.

Arsitektur segitiganya memang unik. Masjid ini berukuran 1.460 m2 dengan daya tampung 700 jamaah laki-laki dan 150 jamaah perempuan.

Pindah ke Eropa ada Masjid Lala Tulpan di Ufa, Rusia. Ini adalah salah satu masjid paling besar di Negeri Beruang Merah. Lala Tulpan artinya ‘Tulip Mekar’, ini merujuk pada dua minaret kembar setinggi 53 meter yang berbentuk bunga tulip.

Related image

Masjid Lala Tulpan

Unsur segitiga di masjid ini sangat dominan pada arsitektur atap masjid yang runcing menjulang dan memanjang sampai ke dasar bangunan. Masjid Lala Tulpan selesai dibangun tahun 1998 dengan arsitek Wakil Davlyatshin.

Pada 2001, pemimpin Rusia Vladimir Putin pernah rapat di masjid ini bersama para ulama Rusia.

Image result for Masjid Lala Mustafa Pasa

Masjid Lala Mustafa Pasa di kawasan kota tua Famagusta

Di negara Cyprus ada Masjid Lala Mustafa Pasa di kawasan kota tua Famagusta. Masjid ini awalnya dibangun antara 1298-1400 sebagai Katedral Saint Nicolas. Kemudian, saat Kekhalifahan Usmaniyah menguasai Cyprus pada 1571, bangunan ini menjadi masjid sampai sekarang.

Bentuk segitiga tampak pada aksen fasad di atas setiap pintu masuk ke masjid. Bentuk segitiga dan lingkaran juga ada pada akses jendela paling besar di masjid tersebut.

Image result for Grand Mosque Agadez

Grand Mosque Agadez

Dari Benua Afrika juga ada lho masjid segitiga. Di Kota Agadez, Niger, ada masjid raya yang unik yaitu Grand Mosque Agadez. Ada banyak keistimewaannya.

Masjid ini dibangun tahun 1515 dan direstorasi tahun 1844. Bangunannya dibuat dari tanah liat. Di kawasan yang sama di Afrika seperti juga di Mali, banyak masjid dibangun memakai tanah liat.

Keunikan lainnya tentu saja bangunan masjid yang berbentuk piramida, bangun ruang yang dominan dengan bentuk segitiga.

Image result for Masjid Shah Faisal di Islamabad

Masjid Shah Faisal di Islamabad, Pakistan

Di Benua Asia, lebih banyak lagi masjid dengan unsur segitiga, misalnya saja Masjid Shah Faisal di Islamabad, Pakistan. Masjid ini untuk mengenang almarhum Raja Saudi, Faisal bin Abdul Aziz yang mendanai masjid ini.

Masjid Shah Faisal adalah masjid paling bear di Pakistan dan Asia Selatan. Serta masjid terbesar keenam di dunia. Masjid ini menjadi masjid nasional Pakistan. Luasnya 5.000 m2 dengan kapasistas 300.000 jamaah termasuk di area pelatarannya.

Masjid ini dilengkapi 4 minaret setinggi 80 meter. Arsitekturnya adalah permainan bentuk segitiga yang saling sambung menyambung pada fasad, dinding dan atap.

Related image

Masjid Negara di Kuala Lumpur

Negeri Jiran, Malaysia juga punya masjid dengan unsur segitiga. Salah satunya adalah masjid nasional Malaysia yaitu Masjid Negara di Kuala Lumpur. Masjid ini dibangun tahun 1965 sebagai simbol kemerdekaan Malaysia.

Masjid ini ada di dekat Kebun Raya Taman Tasik Perdana, sehingga suasananya rimbun dan hijau. Unsur segitiga sangat dominan pada atapnya yang berwarna biru, kemudian kanopi dan dinding ventilasi yang merupakan permainan pola geometri segitiga.

 

Baca juga: Akhir Polemik ‘Simbol Dajjal’ di Masjid Al-Safar, Ini Jawaban Telak Ridwan Kamil

 

Sumber Berita Polemik Masjid Al Safar dan Penampakan 8 Foto Masjid Segitiga di Dunia: Detik.com

Comments

comments