Polisi Temukan Modus Baru Penyelundupan Sabu Cair di Handuk Basah

Polisi Temukan Modus Baru Penyelundupan Sabu Cair di Handuk Basah

Polisi Temukan Modus Baru Penyelundupan Sabu Cair di Handuk Basah

Seorang warga negara Mozambik bernama Samuel Machdo Nhavene ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta dengan dugaan penyelundupan sabu. Dalam penangkapan itu, polisi menemukan modus penyelundupan narkoba baru.

“Jadi sabu itu dicairkan, lalu dicelupkan handuk dan pakaian, kemudian di-press dalam plastik. Setelah sampai Indonesia, mereka memeras handuk dan pakaian itu,” kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Eko Daniyanto kepada detikcom, Jumat (18/1/2019).

Eko menyebut penangkapan Samuel merupakan kerja sama dengan pihak Bea Cukai Bandara. Peristiwa itu disebut Eko terjadi pada Jumat, 4 Januari 2019.

“Tapi tim kami masih melakukan pengembangan sehingga baru dapat disampaikan ke publik saat ini. Pada pukul 21.30 WIB di Terminal Kedatangan 2D Bandara Soekarno Hatta, tim melakukan pemeriksaan terhadap tersangka yang dicurigai. Saat melakukan X-ray terhadap satu tas jinjing tersangka, hasilnya sangat mencurigakan,” ucap Eko.

Dia menyebut hal yang mencurigakan lantaran dalam satu tas jinjing itu isinya hanya pakaian dan handuk yang tampak basah dan kaku. Polisi pun menggunakan alat deteksi narkoba untuk memeriksa handuk dan pakaian tersebut. Hasilnya handuk dan pakaian itu mengandung 8 kilogram (kg) sabu.

“Satu buah handuk yang dicampur sabu seberat 1,399 kg, 6 buah kemeja yang dicampur sabu seberat 2,137 kg, 9 buah kaos yang dicampur sabu seberat 3,529 kg dan 2 buah kaos polo yang dicampur sabu dengan berat 1,013 kg,” ucap Eko.

Selain itu, Eko juga menyebutkan data pengungkapan kasus narkoba dalam sepekan terakhir, sebagai berikut:

– 917 kasus;
– 1.200 tersangka;
– 37,77 kg sabu;
– 34,88 kg ganja;
– 64.466 butir dan 151,35 gram serbuk ekstasi;
– 117,14 gram tembakau gorilla;
– 164,9 gram ketamine
– 3,64 gram kokain; dan
– 94.234 butir psikotropika.

“Di wilayah, terdapat juga modus unik lainnya yang dilakukan sindikat seperti pengungkapan sabu dan ekstasi dalam kemasan makanan abon lele dan teri yang diungkap Polda Metro Jaya,” ucap Eko.

 

 

Baca juga : Petugas LP Banceuy Gagalkan Penyelundupan Sabu untuk Napi, Ini Modusnya

 

 

Sumber berita Polisi Temukan Modus Baru Penyelundupan Sabu Cair di Handuk Basah : detik

Comments

comments