Seekor Badak Tertangkap Kamera Serang Petugas yang Tunggangi Gajah

Seekor Badak Tertangkap Kamera Serang Petugas yang Tunggangi Gajah

Seekor Badak Tertangkap Kamera Serang Petugas yang Tunggangi Gajah

Seekor badak jantan tertangkap kamera sedang berusaha menyerang para pakar konservasi yang menunggang gajah.

Momen luar biasa itu terjadi beberapa saat setelah badak bercula satu itu dilepaskan ke habitat barunya di sebuah taman nasional di Nepal.

Tak hanya menyerang petugas, badak tersebut juga menyerang truk yang mengangkutnya sehingga memaksa para petugas berlarian mencari tempat bersembunyi di balik pepohonan.

Mamalia bertubuh besar itu dilepaskan di Taman Nasional Chitwan, Nepal sebagai bagian dari upaya untuk mendongkrak jumlah populasi hewan tersebut.

Lima ekor badak, satu jantan dan empat betina, akan dilepaskan di sebuah taman nasional di wilayah barat Nepal dalam beberapa pekan mendatang dengan harapan bisa membentuk sebuah kelompok pembiakan baru.

Sebagai yang pertama  dilepaskan adalah seekor pejantan yang diperkirakan berusia sekitar 12 tahun, yang ditemukan di Taman Nasional Chitwan setelah pencarian selama empat jam.

Jumlah badak bercula satu di Nepal hampir punah akibat aksi pemburu liar yang terus berusaha mendapatkan cula yang di pasar gelap dihargai dengan harga yang sangat mahal.

Meski upaya konservasi ini sudah meningkatkan jumlah hewan langka tersebut, tetapi diyakini jumlah badak di India dan Nepal masih berada di bawah 4.000 ekor.

Tim pakar konservasi berharap bisa melepaska empat lagi badak jantan pekan ini di Taman Nasional Chitwan untuk membentuk sebuah kelompok pembiakan baru.

“Dia adalah salah satu jantan dominan di kawasan ini,” kata kepala taman nasional Chitwan, Ram Chandra Kandel soal badak jantan yang mengamuk itu.

 

 

Sumber berita Seekor Badak Tertangkap Kamera Serang Petugas yang Tunggangi Gajah : kompas.com

Comments

comments