Soal Trotoar, Anies: Jadi Kegiatan Kebudayaan, Sandi: Jadi Seperti di New York

Soal Trotoar, Anies: Jadi Kegiatan Kebudayaan, Sandi: Jadi Seperti di New York

Soal Trotoar, Anies: Jadi Kegiatan Kebudayaan, Sandi: Jadi Seperti di New York

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ingin menjadikan trotoar yang berada di jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin sebagai kawasan kegiatan kebudayaan.

Dia pun telah menyampaikan hal itu kepada pihak terkait yang bertugas merancang trotoar kawasan tersebut sebelum Asian Games 2018 mendatang.

“Jadi trotoar bukan cuma ada pohon atau tanaman biasa, akan bagus kalau bisa dijadikan sebagai pusat kegiatan kebudayaan,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Senin (6/11).

Mantan menteri pendidikan ini pun menyebut saat ini trotoar hanya dijadikan tempat menyimpan tanaman atau berjalan kaki saja. Padahal kata dia, harusnya trotoar memiliki area khusus untuk kegiatan lain, misalnya kegiatan seni dan kebudayaan.

Anies Ingin Manfaatkan Trotoar Jadi Kegiatan Kebudayaan

Anies Ingin Manfaatkan Trotoar Jadi Kegiatan Kebudayaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, trotoar seharusnya bisa dimanfaatkan untuk interaksi sosial warganya, baik berupa interaksi ekonomi, hingga budaya. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)

Trotoar bagi Anies Baswedan, bisa digunakan warga untuk melakukan aktivitas lain, misalnya aktivitas seni musik hingga seni rupa.

“Di trotoar bagus kalau ada area khusus kebudayaan. Kegiatan seni ini bisa jadi aktivitas sepanjang tahun. Bisa musik, atau macam-macam,” kata dia.

Saat trotoar sudah diperlebar, menurut Anies seharusnya bisa dimanfaatkan untuk interaksi sosial warganya, baik berupa interaksi ekonomi, hingga budaya. Sehingga lahan yang luas itu tak terbengkalai begitu saja,

Untuk itu, Anies pun telah memerintahkan jajaran stafnya untuk segera merevisi rancangan pembangunan trotoar di kawasan Sudirman-Thamrin untuk diselesaikan dalam waktu dekat. Sehingga pembangunannya pun dikatakan dia bisa selesai sebelum Asean Games 2018 dimulai.

“Saya minta cepat, jadi sebelum Asean Games bisa selesai,” kata Anies Baswedan.

Sandiaga Ingin Buat Trotoar di Jakarta Seperti di New York

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku ingin memuliakan pejalan kaki melalui pembangunan trotoar modern di Jakarta ala trotoar Union Square, New York, Amerika Serikat.

“Waktu saya di New York, di dekat Union Square itu ada pedestrian walkway. Warga bisa berinteraksi kesenian. Macam-macam,” kata Sandiaga, di Balai Kota, Jakarta, Kamis (9/11).

Menurutnya, trotoar modern itu akan bisa membuat warga lebih nyaman beraktivitas. Mulai dari duduk santai, berolahraga, berjualan buku, bermain catur, membuat panggung musik, dan aktivitas seni lainnya.

Konsep tersebut, lanjut dia, seharusnya bisa diterapkan di Jakarta karena akan berdampak secara positif. Selain lebih semarak, trotoar jenis ini bisa meningkatkan kreativitas dan interaksi warga yang sehat.

“Kami ingin ini (trotoar) menjadi sebuah fasilitas yang memuliakan pejalan kaki. Memastikan hierarki dari pada trotoar itu dikembalikan kepada pemegang hak tertinggi, yaitu pejalan kaki. Tapi juga diberikan ruang-ruang khusus untuk interaksi warga. Itu yang diinginkan,” papar dia.

Sandiaga Ingin Buat Trotoar di Jakarta Seperti di New York

Pemotor melintasi trotoar di Casablanca, Jakarta, Jumat (21/7). Wagub DKI Sandiaga Uno menginginkan trotoar yang membuat warga nyaman beraktivitas segala hal seperti di New York. (Foto: CNNIndonesia/Safir Makki)

Namun, saat ini konsep trotoar itu masih dikaji oleh pihak Dinas Bina Marga DKI Jakarta bersama dengan beberapa ahli tata kota lainnya. Karenanya, dia belum bisa memaparkan secara rinci. Termasuk, konsep trotoar di Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin yang disebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan dibuat laiknya walk of fame.

“Jadi, nantikan kita akan lihat bagaimana nanti teman-teman desainer akan menampilkan desain yang bisa sesuai dengan kekinian tentunya,” kata dia.

Beberapa jam sebelumnya, Anies Baswedan berencana menata trotoar di Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin seperti walk of fame di Amerika Serikat. Nama-nama atlet Indonesia berpretasi yang telah mengharumkan nama bangsa akan terukir di trotoar itu sebagai bentuk penghargaan.

“Ada, namanya walk of fame. Nanti kalau sudah jadi desainnya saja, lebih gampang,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta.

(Baca juga: SANDIAGA TAMPUNG SARAN PREMAN, SALAHKAN PEJALAN KAKI SOAL SEMRAWUTNYA TANAH ABANG)

(Baca juga: HENDROPRIYONO HIMBAU ANIES-SANDI JANGAN BANYAK OMONG)

 

Sumber Berita Soal Trotoar, Anies: Jadi Kegiatan Kebudayaan, Sandi: Jadi Seperti di New York : Cnnindonesia.com, Cnnindonesia.com

Comments

comments